Mobil
Ada pula sebuah perusahaan yang bernama Mobil. Untuk nama perusahaan, lihat Mobil
(perusahaan)
Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin
'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri.
Jenis mobil termasuk bus, van , truk . Pengoperasian mobil disebut menyetir.
Sejarah
Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin
pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun
1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm
untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang.
[1][2][3] Tidak diketahui apakah model kendaraan yang
dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak. [2]
Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang
berkebangsaan Rusia , membuat konstruksi sebuah
kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi
kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia
buat mirip dengan sebuah kereta salju.[4]
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18.
Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun
1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap , mungkin peningkatan mesin uap yang
paling dikenal, dikembangkan di Birmingham , Inggris oleh Lunar Society . Dan juga di Birmingham
mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William
Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai
sumber tenaga di Amerika Serikat.
Kepopuleran
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya Perancis , dan
penemuan tersebut diteruskan ke Britania , di mana Richard Trevithick menjalankan gerobak-uap di
tahun 1801 . Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam dekade
setelahnya, seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir ,
membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin dalam
pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena
tempat parkir yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal
Inovasi
Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada
Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans
mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya
mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi
pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di
darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda
padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang
menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886
oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz
pada 3 Juli 1886 di Mannheim , dan Gottlieb Daimler dan
Wilhelm Maybach di Stuttgart .
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini
memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler
dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa
dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an .
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada
1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910 -an. Dalam periode
dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan
oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian
dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh
Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan
rem empat ban.
Pada
tahun 1930-an , kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering
diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian
roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934,
meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh
Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling
bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam
banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian
dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an , ketika barang-barang
elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani
lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat
buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan
Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil
tenaga-uapnya "Fardier" dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang
dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13
September 1899 di New York City.
Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas
(menurut perkiraan WHO ). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam
pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan
pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.
Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat
kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi.
Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar.
Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Ford Motor Company . Sejak itu,
banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan
mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu
oleh industri asuransi.
Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS
sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan
peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa . Angka kematian
diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari
kematian adalah luka dan cacat.
Senin, 23 April 2012
mobil artikel
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar